Minggu, 05 Juni 2011

Arti dari seorang Produser Musik

Produser adalah seseorang yang bertanggung jawab untuk membuat produk rekaman sesuai dengan keinginan klien. Umumnya, produser juga seorang arranger, composer, dan penulis lagu yang mampu membawa ide-ide segar ke dalam hasil rekaman.
 Selain menulis dan mengaransemen lagu, produser juga bertanggung jawab dalam proses mixing.Seorang produser bahu membahu dengan sound enginer untuk membuat rekaman yang mampu dipertanggung jawabkan, baik dari segi kualitas suara, dan yang lebih penting lagi, dari sisi komersial. Ada kalanya, seorang sound engineer, juga merupakan seorang produser.

Seorang produser juga berperan dalam mendorong musisi untuk mengeluarkan kualitas musical terbaik, melatih artis dan mengarahkan backing vocal, dan banyak hal lain, yang merupakan tanggung jawab seorang produser. Produser merupakan middle man yang bertugas untuk menterjemahkan kebutuhan klien, ke dalam bahasa teknis dan melindungi kepentingan artis maupun label.
 Peranan produser sangat penting bagi perusahan rekaman ( label ) dan menyewa seorang produser yang baik, layak dipertimbangkan jika label memiliki dana yang cukup. Seorang produser berpengalaman, bahkan dapat membantu dalam kegiatan promosi dan memberi saran mengenai publishing, royalty, dan aspek-aspek lain dalam industri musik.
 Cara kerja seorang produser dapat berbeda satu sama lain. Ada yang menyukai untuk In control’ terhadap proyek, ada juga yang lebih suka untuk berkolaborasi dengan artis, musisi, maupun engineer, untuk menghasilkan karya yang baik. Ada juga yang suka mengadaptasi gaya panggung artis, dengan modifikasi sesedikit mungkin, ke dalam rekaman. Yang terakhir ini, sangat sering dijumpai di kalangan klasik dan jazz.
 Menentukan produser yang dapat bekerja sama dengan baik sangatlah penting untuk kesuksesan suatu proyek. Anda dapat mendengarkan portfolionya, berbicara dengan klien-klien sebelumnya, dan luangkan waktu untuk lebih mengenal cara berpikir seorang produser, untuk melihat dimana kecocokan antara anda dan produser tersebut.
Hire-lah seorang produser yang suka musik yang anda mainkan, tahu genre dan punya gambaran yang jelas mengenai tujuan visi musik anda. Carilah seorang yang dapat memberi opini secara jujur, dan juga dapat memberi solusi yang tepat, yang anda butuhkan, dan yang lebih penting lagi, anda sebagai klien merasa nyaman mempercayakan karya anda di tangannya.

2 komentar:

  1. Aktifkn NSP Kharis _Semudah Itu_ Ketik NFSAA Kirim ke 1212
    Pasti suka...
    Soundcloud Kharis_semudah itu
    Cp 082112480998

    BalasHapus
  2. Aktifkn NSP Kharis _Semudah Itu_ Ketik NFSAA Kirim ke 1212
    Pasti suka...
    Soundcloud Kharis_semudah itu
    Cp 082112480998

    BalasHapus