Senin, 06 Juni 2011

Multimedia Interaktif dalam Menunjang Pendidikan di Indonesia

Dalam dunia pendidikan jaman sekarang, sangatlah dibutuhkan pemanfaatan dunia tekhnologi. Tekhnologi dalam dunia pendidikan peranan cukup penting untuk menunjang tingginya daya kreatifitas dan daya pola fikir siswa. Salah satu pendidikan yang ditanamkan dalam dunia pendidikan adalah Multimedia interaktif.
Kita definisikan dari kalimat Multimedia dan interaktif. Multi di artikan sebagai banyak atau bermacam-macam atau lebih dari satu. Media adalah alat yang menyampaikan sesuatu. Jadi Multimedia adalah penggabungan antara suara, gambar, teks animasi, dan lain-lain. Sedangkan interaktif adalah komunikasi atau percakapan. Jadi apabila di gabungkan Multimedia interaktif adalah suatu media berupa gambar, teks, video, suara, animasi . yang mampu secara menyampaikan isi pesan langsung dengan audience nya.
Definisi lain dari multimedia yaitu dengan menempatkannya dalam konteks, seperti yang dilakukan oleh Hoftsteter (2001), multimedia adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, video dan animasi dengan menggabungkan link dan tool yang memungkinkan pemakai melakukan navigasi, berinteraksi, berkreasi dan berkomunikasi. Dalam definisi ini terkandung empat komponen penting multimedia. Pertama, harus ada komputer yang mengkoordinasi apa yang dilihat dan didengar yang berinteraksi dengan kita. Kedua, harus ada link yang menghubungkan kita dengan informasi. Ketiga, harus ada alat navigasi yang memandu kita, menjelajah jaringan informasi yang saling terhubung. Keempat, multimedia menyediakan tempat kepada kita untuk mengumpulkan, memproses dan mengkomunikasikan informasi dan ide  kita sendiri.
Selain itu Pemanfaatan multimedia sangatlah banyak diantaranya untuk: media pembelajaran, game, film, medis, militer, bisnis, desain, arsitektur, olahraga, hobi, iklan/promosi, dll. (Wahono, 2007). Bila pengguna mendapatkan keleluasaan dalam mengontrol multimedia tersebut, maka hal ini disebut multimedia interaktif.
Multimedia interaktif juga selain mempermudah pemahaman dalam pembelajaran anak indonesia, multimedia interaktif ini juga bisa sebagai sarana memajukan bangsa indonesia, karena daya fikir anak indonesia yang semakin kreatif.selain itu, multimedia interaktif juga sangat berguna untuk mengambil daya tarik siswa, karna kebanyakan siswa tidak senang dan cenderung mudah bosan bila diberi pelajaran yang biasa, dengan adanya multimedia interaktif sangat membatu menutupi rasa bosan siswa, berguna juga untuk lebih membuka pemikiran dan lebih memiliki pemikiran luas.

1 komentar:

  1. http://graphicriver.net/user/maulanacreative/portfolio?ref=maulanacreative

    BalasHapus